Laman

Minggu, 03 Februari 2013

Dalam bis menuju parung



Dalam bis menuju parung

Gw akui, akhir-akhir ini jarang banget naik bis, semenjak ada motor sih, nah, dikesempatan gw pas pulang dari main bareng anak2 di rumpin, alkisah gw naik bis dari serpong menuju parung, tujuan jelas mau pulang ke kampus. Kebetulan ada kursi kosong di tengah, disamping ibu-ibu paruh baya sepertinya.
“Misi bu,” ucap gw, melewati ibu-ibu yang mempersilakan gw melewatinya untuk duduk disamping jendela. Bau apek senantiasa berebutan dengan udara menusuk-nusuk hidung gw, khas bus ekonomi di siang hari.
Seperti biasa, gw orangnya males kalo harus ngelamun gak jelas dalam bis. Kalo gak tidur, ya gw ngobrol sama orang disamping gw. Karena gw gak ngantuk, langsung aja dengan basa-basi nyapa ibu2 di samping gw.

Awalnya si ibu agak kaku ngejawab pertanyaan gw, tapi Dimana2 kebanyakan ibu2 senang bercerita mengenai dirinya. maka sepanjang perjalanan, ibu-ibu itu berhasil bercerita mengenai keluarganya setelah gw Tanya ini itu, tentunya diselingi tawa renyah gw biar obrolan makin cair.
Okeh, sekarang mari kita bercerita mengenai ibu itu. Parahnya gw lupa nanya nama tuh ibu, yowislah, yang penting gw udah nyerap sedikit pengalaman hidupnya.

Sebut aja namanya bunga, eh, karena udah nenek2, panggil aja namanya ichi, hahaha (gak ada yang marah dah). Ibu ichi ini umurnya 62 tahun, anak ke 4 dari 11 bersaudara,(banyak ya?), punya suami yang kerjanya kontraktor proyekan dah, nah saat ini dia uda pisah rumah sama suaminya, pas gw Tanya, “cerai bu?”, dia jawab dengan entengnya, “engga, hanya bosen aja kalo serumah”, seketika itu gw tertegun, gimana ya karakter suaminya sampe si ibu bosen, apa gw nanti jga bkal kaya gtu, tiba2 nanti istri gw bilang,”yah, mamah bosen sama ayah, pisah rumah ya?” ,aaaakkkkk, kagak-kagak, bagaimanapun caranya, gw bakal bahagiain istri gw, gak bakal bosen dah cewe yang jadi istri gw, percaya dah, tapi kalo gw nya yang bosen, gak jamin yah, hahahha, (sory, itu gw becanda),,

Ok, balik lagi, sekarang kita ngomongin anaknya ibu itu, dia punya empat anak, baru satu yang nikah, yaitu anak yang kedua. Anak pertamanya cewe, lulusan trisakti kalo gak salah, umurnya sekarang udah 35, kerja di perusahaan jepang (entah apa, lupa), dan pas denger ibu itu bilang, “anak ibu yang paling tua ini belon nikah lho,”, waduh, kata gw, pasti dia orang nya pilih2 nih, biasanya di umur yang hampir kepala empat kalo belon nikah, ya kaya gitu, milih2 suami, kalo gak selevel, males,,

“kenapa bu?”, Tanya gw penasaran, “katanya dia males sama cowo, gak ada yang bener, bahkan kalo bisa kgak nikah aja”, jawab ibu itu antusias, khas ibu2 kalo ngegosip,  “wah, sayang dong nanti gak punya keturunan”, kata gw sambil ngebuka jendela yang mulai mengirimkan semilir angin dari luar, “katanya sih sekarang  uda ada calonnya, msalahnya buat pertanggung jawaban di akhirat kan,?”jawabnya serius.

Tapi yang gw salut dari anak pertama ibu ini, dia bekerja keras hingga belon nikah diumur nya yang ke 35 ini untuk menyekolahkan ke 3 adiknya, salut banget, secara gtu gw juga anak pertama, gak tahan kalo harus nahan nikah buat nyekolahin adek gw, (bukan nya gw jahat, tapi ada solusi yang lebih baik ko yang udah gw pikirin). Trus sekarang anak pertama ibu itu juga yang menanggung seluruh biaya kehidupan ibu ichi ini. Hingga rumah yang ditempatinya sekarang di parung, adalah punya anak pertamanya.

Okeh, mari kita bicara anak ke duanya. Dia cowo, udah nikah, lulusan universitas di Jakarta, (lupa nama univ nya, yang jelas swasta yang terkenal juga), kerja di bank BRI , dari anak keduanya itu lah, ibu ichi punya cucu pertama nya, (aaakkk, pengen nimang cucu),” seneng dah kalo kumpul tiap hari minggu, rumah jadi rame dari celoteh mereka,” ucapnya sambil tersenyum,,

Anak ketiga ibu itu juga cowo, lulusan gontor, nah dia nih ye, males banget teriket sama yang namanya kerja kantoran, maka dia kerjanya dagang di tanah abang, kata ibunya sih sukses , buktinya bisa nanggung seluruh kehidupan suami si ibu, udah nikah juga,

Anak keempat rupanya seumuran sama gw, tapi beda dua tahun sih, dia lulusan SMK elektro, dia ini gengsi nya agak tinggi, kakaknya pertamanya pernah bilang, “kakak Cuma bisa nguliahin adek di swasta kaya BSI, mau kuliah gak?”, trus dia bilang, “apaan kuliah d BSI, adek pengen nya kuliah di pertambangan “, kakaknya bilang “gilee, itu kan mahal , btuuh duit 50 juta buat masuk” si adek bilang” yaudah, adek mending kerja dulu buat kuliah adek nanti, “, si kakak nya bilang sambil ngeraguin tekad si adek, “yaudah”,

Dan apa yang terjadi, sikap ulet dari bapak nya nurun sama si adek, ia berhasil menembus kerjaan di kantor bank BNI Jakarta, sebagai teknisi disana sih , tapi menurut gw itu udah keren, dan lagi cara masuknya juga lumayan tak terduga, jadi nih ye, saat itu lagi di metromini, ada dua orang ngobrol, “eh ada lowongan kerja jdi teknisi di BNI sini”, si adek denger sambil melirik kantor BNI nye, ya udah, besok2 coba2 ngirim lamaran, sebulan kemudian dia dipanggil dan berhasil kerja hingga dua tahun ini. Emang rizki mah gak kemana ya,

Bis terus berjalan membuat kami tak terasa sudah lama mengobrol. Yang penting digaris bawahi disini adalah kemampuan si ibu dalam mendidik anak2nya hingga diusia senja, semua anaknya masih peduli sama orangtuanya, anak pertama nanggung kehidupan ibu, anak ke 3 nanggung kehidupan ayah, yang paling bontot padahal masih muda uda mandiri dan punya kerjaan sendiri, dan setiap bulan, ke empat anaknya, pasti ngasi uang bulanan pada si ibu, “padahal ibu tidak minta lho dek” ucapnya mantab,

“Yang penting nih de, dalam membesarkan anak, kita harus demokratis, jangan sampai kita memaksakan kehendak, kalo mau sesuatu yok kita bareng2 omongin, kalo uda bertekad dengan satu pilihan, maka kejar terus itu, ibu akan selalu berdoa untuk anak2 ibu, gitu dek” ucapnya dengan nada keibuan,

Ah, aku yang mendengarkan begitu yakin, ibu ini pastilah sangat besar kasih sayang pada ke empat anaknya, bagaimana tidak, di jaman sekarang ini, banyak anak yang sudah gak peduli sma orang tuanya, apalagi harus menyisiskan uang gaij nya buat di kirim ke orang tuanya, dan ke empat anaknya begitu memperhatikan sang ibu, bahkan ibunya tidak diijinkan bepergian sendiri, “ini aja ibu pergi sendiri, mereka gak tahu, kalo tau mah pasti ibu dimarahin,hehe” ucapnya diselingi tawa..

Lalu terlihat ada ibu-ibu dibelakang sedang berdiri, tanpa pikir panjang gw langsung berdiri, dan mempersilahkan ibu-ibu tadi untuk duduk ditempat duduk gw, obrolan pun berakhir disitu, sepanjang perjalanan gw berpikir, sekecil atau sebesar apapun penghasilan gw nanti, akan gw sisihkan buat dikirim ke ibu tiap bulan, oya, ada satu ungkapan dari ibu yang belon gw tulis, “kasih sayang orang tua untuk anaknya pasti 100 persen diberikan untuk anaknya, sedangkan anaknya, tidak akan pernah bisa seratus persen seperti orang tua, karena dia harus membagi kasih sayang untuk istri dan anak nya juga,”
Baiklah ibu ichi, terima kasih atas share pengalamanya, semoga kelak gw juga bertemu dengan istri yang pandai merawat suami dan anak-anak nya, tapi jangan kaya ibu itu juga yang bosen sama suaminya, gw bisa di depak nanti, hahaha,,

Dalam bis menuju parung, 1 feb 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar