Laman

Kamis, 17 Januari 2013

Cioray, Dusun terisolir dengan sejuta Potensinya


CIORAY, DUSUN TERISOLIR DENGAN SEJUTA POTENSINYA
11-12 Maret 2012
Saat keinginan traveler gw kambuh lagi, maka sudah dipastikan gw nyari destinasi yang beda dari biasanya, gak ke gunung, gak ke pantai, maka berdasarkan rekomendasi temen gw (read ifah kholifah),
”bagaimana klo ke cioray aja?” ipah said, (oya, temen gw yang satu ini emang demen banget melestraikan ke”sunda”an nya, salah satu nya dari nama, walaupun nama asli nya ifah, panggilnya tetep harus pake “pe”, gak boleh “ef” , jadi baca ipah,ato kadang juga dipanggil ipeh, malah sering dipanggil bunga, #nah lho,
“dimana tuh peh,? Ada apa aja disana?”Tanya gw,
“banyak, itu tempat go field gw, catet mam ya, kita bisa makan buah gratis,(centang yang ini), bisa hidup dialam tanpa listrik (boleh dah buat nyari sensasi baru), ada air terjun juga(sip, mandi aman), ada guanya juga di hutan  (boleh nih buat nyari wangsit), trus kita makan apa adanya mam, keren dah pokoknya”cerocos ipeh,
“udah peh, minggu depan kita nyari massa buat kesana,bookmark ayee”
Dan datanglah minggu depan,,(halo minggu depan, sehat?), setelah dapat massa, (read kang Sule dan om Gilang, ) berangkatlah kami berempat kesana, ke negeri antah berantah di Bogor, what?? Di Bogor masih ada negeri antah berantah?,, Yuppp, BENAR SEKALI,, menurut Radar Bogor, kampung Cioray desa Leuwikaret kecamatan Klapanunggal kabupaten Bogor termasuk kampung yang terisolir, jadi otomatis romantis, akses kesana bakalan rada susah bin hese, tapi itu yang kami cari, kalo gampang mah maen aja ke mall, naek angkot nyampe,
Oke sip, berangkat dari kampus pagi, naek angkot hingga laladon, trus naek mobil elf ke Citeurep bayar 6rebuan, trus naek angkot lagi mnuju Talang air desa Lulut bayar 4rebuan, orang bilang sih naek angkot yang ada tulisan monsternya, nah pas perjalanan naek angkot ini lah, rupa-rupanya kami uda masuk kawasan penambangan PT indocement, jadi jalannya uda kaya perumahan gitu, bagus, nah baru dari desa Lulut, gak ada kendaraan lagi selain ojek, sampailah di desa Leuwikaret dusun Guha ciangin. Bayar ojek 5rebu lah,
Di dusun Guha ciangin ini, kami bertemu dengan kenalan nya Ipeh, namanya pa Yunus, panggil aja pa Unus, (pake U jangan pake A), setelah ngobrol2 melepas rindu antara mereka berdua (cieee ipehh),, maksudnya dengan pa Unus dan keluarga, (ooooohhh),, diajak lah kami untuk mencicipi buah yang ada disini, ada tuh namanya buah Kokosan, nama keren buah Koskosan, mirip kaya buah duku atau pisitan, cuman lebih asem, tapi panas-panas gini segar men makan yang asem-asem, apalagi keringat asemm (jorrookkkk),, saking banyak nya nih buah koskosan, udah kenyang pun gak segan-segan tas kami penuhin dengan buah, lumayan lah buat bekal dijalan, kan perjalanan masih jauh ke dusun Cioray, kebersamaan singkat ini tak menghalangi canda tawa kami dengan keluarga pa Unus, eh, ada satu buah lagi nih yang gw baru denger, namanya alkesa,,(lu kagak tau kan?, pastii, ), buah ini menurut gw nih yah, bau nya kaya durenn (ajippp,), bentuknya kaya alpukat (oyaa,,?), tekstur dan warna dagingnya kaya ubi rebus (nah lho,,, bingung gw,,), pokonya kalo imaginasi lu tinggi, bayangin dah, dan rasanya mantabh, manis beuddd,, harus dilestarikan nih potensi lokal kaya gini, dan gw pas pulang, bawa biji nya, trus gw tanam dah ditanah, eh dasar penyakit lupa, entah gimana itu nasib bijinya, gak tumbuh kali,,
Sip. Setelah ngisi perbekalan dirumah pa Unus dengan koskosan dan alkesa nya, petualangan sebenarnya dimulai, kami berempat jalan kaki menuju dusun cioray yang katanya penuh dengan pesona alamnya. Jalan yang kita lalui, awalnya perkebunan, dengan jalan tanah cukup buat lewat 1 mobil pickup mah (bahasa Garut nya “kolbak”), dan memang susah aksesnya, secara gitu tanah, ujan dikit, jadi licin, gak bisa lewat tuh mobil, tapi jalannya keren buat maenan offroad pake motorcross, apalagi katanya di cioray nya, sering banget motorcross pada offroad disana
Setelah melewati perkebunan, Gilaaa meennnn, (lu lagi men ya), kagak, maksudnya, Subhanalllohhhhh,, (nah itu baru keren), rasa lelah jalan kaki dibawah terik jam 1 siang selama 1 jam hilang sudah, disana terhampar luas pemandangan indah desa Leuwikaret, (gak percaya liat foto nya), ajippp,,,  trus disamping jalan kiri, berdiri kokoh tebing-tebing menjulang cakrawala tempatnya elang bersarang. Pengen deh gw panjat tebing disana,

tebing sebelum nyampe cioray, banyak elang diatas sana
desa lewikaret dilihat dari atas, sebelum nyampe cioray
trek nya tanah kya gono
saat nunggu pickup datang, sambil liat yang lag benerin jalan

“perjalanan masih 2 jam lagi?”ipeh said,,
“what, masih lama” sule said,
“ini beneran gak ada pickup yang lewat fah”gilang said
Baru aja gilang bilang gtu, dari kejauhan terlihat sebuah kotak perlahan menyusuri jalan, semakin dekat semakin besar, makin dekat, makin dekat, kotak itu berjalan menggunakan roda, ada lampu di depannya, owhhh,, that’s pickup, sudah lama daku menunggu, hingga rupamu terbawa alam mimpi wahai pickup, (lebay), sepertinya harapan memang selalu ada, tapi bentar, itu pick up gak salah jalan, ko datangnya dari arah cioray, owalahh, salah arah ternyata, yasudah, biarkan pickup lwat,
“itu pickupnya berhenti ditempat orang2 naruh batu dijalan, kita kesana aja yuk, kali aja nanti pickup nya mau ke cioray lagi buat ngambil batu,”sule said,,
Wah, analisis sule kali ini bener2 tokcer, setelah kita mamasang muka imut, eh memelas maksudnya, akhirnya bener juga tuh pickup pergi lagi ke Cioray, sekalian pulang ktanya, aseeekkkkk, saking senengnya, kita bantu juga nurunin batu dari pick up, biar cepet maksudnya, puanasss euy,,dan perjalananan pun dilanjutkan dengan bermobil pickup ria,,
Sampailah kita di Cioray,, dan benar men, disini kagak ada listriknya, sumber energy mereka dari tenaga suraya yang dipasang diatas atap rumah mereka, jadi mereka pake tenaga matahari lah, katanya sih dulu dikasih bantuannya sama pa Bupati dan PT indocement, oya ngomong-ngomong PT indocement, jadi nih setiap jam 12 siang dan jam 12 malem, bumi cioray pasti bergetar, pasalnya ada rutinitas pengeboman lahan tambang baru, buat mereka sih uda biasa, buat kami, sereeeemmmm,,,,
solar cell diatas atap

Senyum masyarakat disana menyambut kedatangan kami beempat, senja di cioray ini juga menemani kami berjalan menuju rumah penginapan seseorang. Seseorang yang dulu kata ipeh nih berjasa membantu mereke go field disini (semacam bakti sosial nya kampus ipb lah), dan hari ini kita akan melewati malam dirumah itu, rumah yang begitu sederhana, satu dapur, satu kamar tidur, dan satu ruang tamu, kalau boleh menyebut teras rumah berbibilik bambu tanpa pintu ini sebagai ruang tamu, namanya adalah pa Timun. Hidup bertiga dengan istri dan anaknya yang masih sd. Nama adik kecil itu adalah muna, awalnya malu-malu, dan hanya mau dekat dengan ipeh saja, seakan kami para lelaki begitu aneh dimatanya, (emang,,)
Disini tidak ada kamar mandi, jadi kalau mau buang air kecil atau besar, ya cukup ke hutan belakang rumah, ada lubang disitu, makanya gw selalu sedia tissue basah, persiapan kalo ada kejadian kaya gini nih, lalu air minum mereka dapat dari mana?, ada sumber air satu-satunya didusun ini, jadi setiap rumah ada ember2 besar sebagai tempat penampungan,
kondisi rumah pa timun yang sederhana

Keluarga pa Timun adalah keluarga yang sederhana, bertahun-tahun ia menabung kayu untuk membangun rumah impiannya, pekarangannya berumput jepang, dengan belakang rumah hutan, pohon jambu dan depan rumah ada pohon kelapa, mata gw langsung bening melihat kelapa yang ranum bergelayut didahannya. Tanpa pikir panjang, dan dengan polosnya gw minta aja sama pa timun, tentu saja lewat perantara ipeh, dia kan yang lebih dekat, dan akhirnya atas jasa gw, (sule, gilang bilang makasih ke gw,hahaha), kita bisa minum air kelapa asli, seneng dahh,
minum kelapa muda, yeaa
ini toh buah koskosan, alkesa nya gak kefoto euy

setelah solat magrib, kita ngobrol2 dengan pa Timun ngalor ngidul di beranda rumahnya, tibalah waktu makan malam, jadi makan apa kita? , yup, kita makan ya apa adanya, kemaren katanya pa timun baru pulang dari meladang di hutan, kan ujan turun tuh kemaren2, jadi banyak jamur kuping, ya kita pun makan jamur kuping, plus ikan asin, plus sambel edunn, dan yang lebih gw bikin girang, pa timun pulang dari ladang bawa hasil buruannya, emang nih pa RT yang satu ini punya senapan angin dan demen banget berburu sambil meladang, bapaknya pulang bawa apa coba?, dia bawa kancil, tau kan kancil yang sering di dongeng2 itu, sekarang kancil itu tergeletak dan akan gw makan, gimana gak girang coba, dan , uaahhh,, mantabbb gan,,  belum pernah gw mkan kaya gini, daging kancil itu beda banget sama daging ayam, kambing,ato sapi,  mirip daging kelinci sih kayanya, gurihnya daging kancil ditemani jamur kuping nya yang renyah menyatu dengan asinnya ikan asin lalu disegarkan dengan pedasnya sambel buatan istri pa Timun, nasinya pun pulenn, enyak enyak enyak,,gak akan terlupa makan kaya gini nih, nampolllll
Malam ini beralaskan sleeping bag, kami bertiga tidur bersama pa Timun di beranda, ruang tamu, teras, tempat makan, atau apalah disebutnya, sedangkan ipeh tidur di kamar bareng istri dan anak pa Timun, penerangan dari tenaga surya hanya bisa menyalakan lampu lima watt di rumah ini, mau ngcharge hp? mana bisa, ada sih tenaga surya yang lebih gede daya tampung listriknya di perpustakaan desa, disana kita bisa ngecharge hp sambil nonton tv bareng warga, satu untuk semua,
Setelah bangun pagi, gw iseng2 aja jalan2 pagi ke hutan belakang rumah, disana ada tebing yang tinggi, tapi gak terlalu curam, naik lah gw kesana untuk melihat dusun cioray dari ketinggian, dan bener saja, selain bisa melihat cioray, gw juga bsa melihat citeureup dari atas, Subhanallloh, kerdil sekali hamba mu ini Ya Rabb,, dan pas turun dari tebing, entah kenapa, perut mulai berkontraksi, gak bisa nahan lagi gejolak ini, gak bisa, kisah ini harus dituntaskan dengan ritual pagi, maka gw cari lubang yang dimaksud di hutan, dan OMG, masih ada bekas kotoran orang lain disana, gak akan gw buang hajat disana, maka dengan akal bulus gw yang kadang2 jail juga, gw pergi ke sumber air dusun ini, gw harus buang air ditempat yang deket air, dan Alhamdulillah ya, di deket sumber air itu, gw bisa buang hajat juga, hahahahaha, begitu bilang ke ipeh tentang kelakuan gw, di hanya bisa ketawa, karena katanya disitu gak dibolehin buang air, hanya buat sumber air, atau boleh mandi lah, dan gw mncetak sejarah baru, kwkwkwkwk, maf ya pa RT, udah gak nahannn, aman ko airnya,,
Okeh, sesuai planning awal, kita akan jalan2 hari ini menjelajahi dusun Cioray dengan segala potensi wisatanya, pertama kita akan pergi ke gua Inten, gua di dalam hutan, perjalanan ke gua ini terdapat kebun bawang yang disamping lahan nya ditancapi penolak babi hutan, karena emang hama utamanya adalah babi hutan, penolak babi ini berupa sejumput rambut yang diikat pada ajir, kemudian rambut ini dibakar pada malam hari. setelah berjalan sekitar 30 menit, sampai lah kita di gua inten ini. untuk masuk kedalam gua ini, harus turun terlebih dahulu, karena gua nya berada dibawah mulut gua, didalam gua ini terdapat sebuah batu stalagmite yang gede banget, permukaan stalagmite yang berkilau membuatnya seperti terdapat partikel intan disana, keren dah pokonya, pulang dari gua kita bawa kayu bakar, biar gentle dikit,hehe, nyampe rumah langsung sarapan dengan jamur kuping, ikan asin dan sambel lagi, dan tetepp maknyuuussss,,,
penolak babi hutan
stalagmite di dalam gua inten
permukaan batu stalagmit, berkilau gimana tu
bawa kayu bakar, buat masak ya
ruang tamu, beranda, ruang makan, atau apalah, kita makan disini

Perjalanan selanjutnya adalah menuju air terjun atau curug cioray, (itu gw kasih nama sendiri, karena lupa gak nanya nama air terjun nya), beda sama jalan kalau kita ke gua, jalan ke air terjun ini, kita muzti turun lagi kearah jalan pulang, gak terlalu jauh sih, nanti ada belokan trus ke air terjun dah, air terjunnya memang tidak terlalu besar, tapi tetap kita bsa mandi sepuasnya. Suara elang menemani acara mandi kita. Seru lahh pokonya,,,
air terjun cioray, kecil si airnya pada saat itu mah, biasanya gede

Menjelang siang kami pun pulang, dan mebersihkan diri, dan kacaunya ada burung merpati tidak teridentifikasi hinggap diatap rumah tetangga pa Timun, sejurus kemudian, senapan angin pa Timun dikeluarkan, kasiaan sih, tapi lebih kasian lagi perut gw yang uda bilang help me! dari tadi, burung merpati nyasar itu pun terkena hantaman peluru senapan angin pa timun hingga jatuh terkulai ke tanah, tanpa ba bi bu, pa timun langsung menyembelih burung dengan gw yang meganginnya (gak penting dah ini siapa yang megang?). menu apa siang hari ini?, siipppp, merpati bakar emang eduuunnn, ,, tetep ditemani tumis jamur kuping plus ikan asin dan sambal isti pa timun,,
merpati bakar,, eduuunnnn

Perpisahan pun terjadi, sejenak kebersamaan kami dengan pa timun diabadikan menjadi selembar foto, tidak ada ojek, tidak ada mobil pickup, selama 2 jam lebih ato 3 jam, lupa gw kami berjalan kaki menuruni bukit untuk sampai di dusun guha ciangin lagi, ditempat pa yunus, kami bermie ayam ria, dan pulang lagi ke bogor,
om gilang, ipeh, pa timun, gw, kang sule

Memang begitulah kehidupan masyarakat cioray, ditengah gemerlap kota bogor, masih ada kampung terisolir yang menunngu bantuan dari segala pihak, setidaknya mereka tidak terputus pendidikannya, selamat jalan pa Timun, terima kasih atas pengalaman tak terlupakan ini, semoga rumah yang didambakan segera tumbuh ditanah tercintamu,,
siipppp,thanks for reading my article, semoga bermanfaat,
ADVENTURE COMPLETE

15 komentar:

  1. Tanggal 15 agustus 2013 kemaren saya ke curug awi tali. Cioray, sama kaya yang di atas... Tapi air terjun nya kecil bangt.. Emangnya biasanya kalau lagi gede bulan apa ya..

    BalasHapus
  2. bulan2 musim hujan, desember cocok tuh, kmaren ke gua inten jg?
    bru tau itu namanya air terjun awi tali

    BalasHapus
  3. Kebetulan pas kesitu kaga ke gua'a solnya keburu sore... Soalnya saya ga nginep. Langsung pulang. Owh ya sedikit info nie. Udah tau belum kalau lewt desa lewikaret skarang jalan'a sudah ga tanah lagi. . .

    BalasHapus
  4. Bukan aspal... Batu biasa. Maksudnya tanah cuma di tambal batu aja..

    BalasHapus
  5. kang, punten boleh aku minta nomor hpnya? saya ingin tanya2 tntang cioray. Facebook saya nida choirun nufus . kalau boleh, message ke inbox fb ya kang. tks

    BalasHapus
  6. Mantap baru saya keliling daerah jonggol dan klp.nunggal.. seumur hidup tinggal d depok baru tau ada daerah itu..

    BalasHapus
  7. Kereeenn gw org klapanunggal baru tau ada ds cioray 😂

    BalasHapus
  8. Adakah kendaraan utk masuk ke area gua

    BalasHapus
  9. Ka boleh minta ig atau nomor telepon? Saya mau tanya" seputar desa cioray

    BalasHapus