Laman

Minggu, 15 September 2013

Bukti Alloh masih sayang. Sekaligus juga teguran.

Bismillahirrahmanirrahiem
Dengan mengucap hamdallah, saya bersyukur kepada Alloh yang maha pengasih juga maha penyayang. Sungguh, hari ini menjadi salah satu hari yang akan selalu saya ingat, makanya saya tulis di blog ini. Begitu dekat kematian, dan Alloh dengan kuasaNya menampakan kasih sayang Nya pada saya hingga saya masih bisa mengetik tulisan ini. Sekali lagi saya ucapkan Alhamdulillah hi Rabbil alamin.

Sudah hampir satu minggu sakit gigi saya tidak kunjung sembuh, tambah parah malah. Biasa, musuh bebuyutan saya sedari kecil melakukan invasi militer yang tak bisa saya kalahkan, belum, belum saya kalahkan. Dia adalah gigi berlubang. Gubraakkk. Hehe. Saya ingat dulu sering merepotkan orang rumah hanya gara2 gigi berlubang ini. Tapi di perantauan sekarang?, hanya Alloh dan diri sendiri saja yang bisa diandalkan.

Hari ini saya berencana ke dokter gigi di Rimbo bujang, sekitar 1 jam 30 menit dari camp ini. Karena tidak ada mobil yang keluar, maka saya naik motor sendirian, dengan kondisi gusi membengkak, gigi ngilu, kepala migraine sebelah kiri, hidung dan pipi ikutan berdenyut nyeri, serta mata yang tak henti berair menahan sakit. Super sekali sakit gigi ini. Dulu waktu kuliah saya ingat dokter gigi saya pernah bilang, ‘memang bakal sembuh dengan tidak di tambal, tapi nanti kalo sakit gigi lagi, bisa 10 kali lipat sakitnya’. Saya pengen banget datang lagi ke Bogor, minta belas kasihan si ibu dokter itu lagi untuk menambal gigi saya. Sayang sedang di rantau euy sayah nyah.

Motor yang saya pinjam adalah vixion milik bawahan saya yang cewek, tomboy memang dia. Umur 18 tahun tapi motornya ngalahin motor saya. Jam 8 pagi saya berangkat ke Rimbo sendirian, berharap ada dokter gigi yang buka, karena ini hari sabtu. Di jalan Alhamdulillah lancar, nyampe ke ponton sekitar 1 jam lah, ponton?, itu lho perahu besar yang biasa nyebrangin motor dan mobil di sungai Batang hari Jambi sini. Saya menggunakan tempek untuk menyebrang, sejenis perahu boat kecil mirip sepit. Alhamdulillah juga lancar jaya nyebrangnya. Hingga tibalah di sebuah praktek dokter gigi. Thanks god, setelah nyari2 ada juga klinik dokter gigi di Tebo ini. Eh, rupanya buka prakteknya jam 13, masa saya harus nunggu 3 jam dulu untuk periksa. Ya sudah, saya jalan dikit ke arah kanan, eh ada puskesmas disitu. Masuk lah saya kesana. Lalu bertemu dengan dokter gigi yang ternyata dia adalah yang punya praktek dokter gigi di sebelah yang buka prakteknya jam 13 tea.

Setelah diperiksa, eh, kagak diperiksa ding, Cuma di tanya2 doang. ‘Sakit gigi ya?’, saya pengen banget jawab, bukan dok, sakit hati. Ya iyalah, saya masuk ruang poligigi ya pasti sakit gigi. ‘Coba lihat giginya?’, Tanya dia lagi, ‘ini dok’, saya tunjukan gigi saya yang berlubang. Bah, dia langsung menjudge gigi saya harus di cabut, ini resepnya, dan obatnya beli di apotek karena lagi kosong disini. ‘Udah dok?’, udah. Padahal pengen banget gigi ini diselamatkan dengan cara ditambal. Si dokter na gak professional sih, maksa mau ditambal pun jadi ragu. Yasudah, seminggu lagi harus ke puskesmas itu lagi untuk di cabut giginya.

Perjalanan pulang, setelah beli kebutuhan untuk hidup di hutan lagi. Sakit gigi saya makin menggila. Migraine nya semakin membuat mata saya sakit. Akhirnya, saya paksa aja sambil kebut2an agar cepet nyampe camp. Setengah jam kemudian saya nyampe di sungai Batang hari. Mau nyebrang lagi pake tempek. Disinilah Alloh benar-benar menguji saya. Turunan menuju sungai memang agak curam, biasanya saya belok kanan dulu nyari yang agak landai.  Tapi si supir tempek, tiba2 merapatkan tempeknya ke arah turunan yang agak curam, bukan ke tempat yang lebih landai. Agak maksa dia nyuruh saya masuk ke tempeknya. Sebenernya saya agak ragu, tapi karena dia terus bilang aman. Saya paksakan naikkan motor vixion yang gede ini ke atas tempek. Naas tempek malah jalan terbawa arus, si supir gak kuat ngikat tali tempek ke tiangnya. Motor saya setengah masuk tempek, setengah ada didarat. Karena posisi saya depan menghadap ke sungai, motor saya ke seret tempek yang menjauh dari tanah. BRUUUSSS,, saya dan motor saya dalam beberapa detik sudah tenggelam ke dasar sungai dalam keadaan pake helm, bawa tas dan pake sepatu. Meskipun masih di pinggir sungai, tapi dalamnya sekitar 3 meteran broh plus arusnya agak kenceng pulak. Meski terbawa arus, sambil kucibek kucibek gaya orang tenggelem saya menyambar tangan yang menyodor kesaya. Lalu menarik saya keatas tempek. Motor!, yang paling saya ingat dan khawatirkan dari kejadian itu adalah motor vixion pinjaman saya tenggelam. Selamatkan!, selamatkan!, 20 juta itu 20 juta.

Tenang, si supir tempek menenangkan saya. Katanya kalo masih di pinggir belum terbawa arus jauh ko, Tali mana tali. Dia buka dia punya celana dan baju, lalu nyelem ke dasar sungai. “Aman, motor nya ada”, “Alhamdulillah,”ucap saya berulang kali. Ditarik lah motor saya ke darat oleh beberapa orang menggunakan tali. Lalu secara keroyokan motornya di bongkar ini itu hingga diganti oli agar bisa hidup lagi. Saya lihat si supir tempek tanggung jawab dengan masalah yang dia buat. Dalam keadaaan kedinginan, baju basah, hape dan camdig mati, isi tas dan dompet juga basah semua, ditambah lagi sakit gigi dan migraine yang makin sulit disembunyikan ekspresi nyerinya. Saya hanya bisa megucap “Sabar mam, sabar, ini ujian dari Alloh.” Berulang kali saya memotivasi diri sendiri. Ada banyak pelajaran penting yang saya dapat dari kejadian ini. Bahwa Alloh masih sayang pada saya, menyelamatkan saya tidak terbawa arus sungai batang hari yang agak deres, padahal saya pake helm, tas dan sepatu, sulit sekali untuk berenang. Alloh Juga menyelamatkan motor pinjeman saya yang kalo terbawa arus bisa membuat gaji saya beberapa bulan hilang. Akhirnya motor saya kembali hidup, setelah mengucap makasih kepada abang2 yang telah membantu saya, dibantu lah saya menyebrangkan motor saya karena sepertinya saya agak sedikit trauma. Owalah, gini toh rasanya trauma. Masih dalam keadaan kedinginan, kepala nyut2 saya geber motor meninggalkan sungai batang hari.
sungai Batanghari, Tempek dan Motor menyebrang, not my vixion itu.

Perjalanan masih harus ditempuh 1 jam lagi dengan trek tanah berkerikil. Sebenarnya saya ingin banget minum obat, gak kuat lagi dengan nyeri di kepala. Apalagi keadaan nya seperti ini. Takut saya pingsan atau konsentrasi saya buyar saat bawa motor. Tapi kalo minum obat, saya belum makan. Tidak apakah?, Bodo lah, tak tenggak aja obatnya, berharap setidaknya bisa meringankan sakit. Daripada kecelakaan nanti kan ya. Saya geber lagi ini motor, maklum aura pembalap masih kuat.

Saat di belokan dan tanjakan, Alloh menampakkan kasih sayangnya lagi. Pas saya mau belok, kepalang tanggung kenceng saya bawa motor, tiba2 gas loss beberapa saat membuat keseimbangan motor saya hampir jatuh. Pernah lihat motor GP yang lagi belok, tiba2 ada yang nyenggol dari belakang, nah seperti itulah motor saya bergoyang, ditambah ban depan motor yang sudah gundul membuat jantung saya terdengar keras berdetak. Yang saya pikirkan saat itu adalah jangan di rem, jangan di gas, seimbangkan motor. Alhamdulillah, motor kembali seimbang. Setelah itu sepanjang perjalanan saya terus beristigfar, ingat dosa dan kematian. Gak kebayang kalo saya jatuh di jalan tadi, udah mah belum tentu ada orang yang akan nolongin, motor pinjaman, kepala lagi nyut2an, gak tau akan seperti apa saya nanti, lumayan kenceng tadi padahal bawa motornya.

Rupanya ujian tidak hanya sampai disitu. Beberapa kali gas terus loss, lalu nampol lagi berulang2. Membuat perjalanan makim melambat. Ini jalan hutan. Kalo ampe motor ini mati. Gak ada yang bisa di mintai tolong. Setelah 30 menit, pusss, motor benar2 mati. Kalang kabut saya. Saya coba starter dan selah tetap gak nyala. Obat yang saya tenggak gak juga meringankan sakit nya. Asli pengen nangis. Yasudah, saya kembalikan pada Alloh saja, saya sabar ya Alloh menunggu pertolongan mu. 

Niatnya saya mau nyari tempat teduh, sambil dorong ini punya motor. Eh, iseng saya dorong sambil mainin kopling. Bruummm, motor nyala kembali. Kalo gak lagi pegang gas dan kopling saya pasti udah peluk ini motor. Bruummm, tak geber lagi motornya, meski beberapa kali sempat mati kembali. Tapi saya sudah tau triknya. Tunggu dulu 5 menit, dorong dan mainin kopling. Bruummm, akhirnya nyampe juga di mess dalam keadaan basah kuyup, kehujanan di jalan.

Kematian itu sungguh sangat dekat, begitu dekatnya hingga kita tidak sempat untuk bersiap. Tapi pertolongan Alloh juga begitu dekat. Sejatinya Alloh menegur saya hari ini. Saya akui saya mulai lalai dengan ibadah beberapa hari ini. Terbuai dengan kenyamanan, dan lupa akan siksa yang tak akan pernah saya kuat menahannya. Sakit gigi ini bahkan tidak ada apa-apanya dengan azab neraka kelak.

Ya Alloh, ampuni hamba, istiqomahkan hamba dalam kebaikan, dan jauhkan hamba dari maksiat. La haula wala Quwwata illa billahil Aliyyil adzimm.
Wassalamulaikum.

Mess putra, Jambi 14 september 2013.


3 komentar: