Laman

Minggu, 23 Desember 2012

Bakteri yang Dapat Memproduksi Emas Murni 24 Karat

Diberitakan dari situs DAILYMAIL, VIVA news dan Suara Merdeka, para peneliti akhirnya berhasil menemukan jenis bakteri yang dapat memproses zat kimia tertentu menjadi emas murni 24 karat.


Sekelompok Ilmuwan dari universitas Michigan, Kazem Kashefi dan Adam Brown, membangun sebuah laboratorium khusus (yang mereka namakan The Great Work of the Metal Lover) berhasil menciptakan emas dari limbah yang berbahaya bagi manusia. Mereka menggunakan bakteri Cupriavidus metallidurans (dulunya bernama Ralstonia metallidurans)untuk membuat butiran emas padat dari zat kimia gold chloride. Mikroba ini mampu mengubah zat beracun klorida emas untuk memproduksi gumpalan emas.
C. metallidurans memanfaatkan limbah beracun klorida emas sebagai makanan mereka. kotoran yang dihasilkan bakteri ini menjadi "pup" termahal didunia yang berupa 99,9% emas murni. waw,, Bakteri Cupriavidus metallidurans butuh waktu sekitar seminggu untuk merubah makanannya itu menjadi logam mulia.
Keberhasilan ini menandai terlahirnya alkimia modern (neo alchemi). setiap detil dari projek yang dilakukan oleh prof. kazem kashefi membuktikan bahwa mikrobiologi dan alkimia dapat dijembatani. 
Tapi, jangan terlalu bersemangat dengan temuan ini. Sama sekali ini bukan penangkal harga emas yang makin meroket akhir-akhir ini. Meski kedengarannya menarik, biaya yang dibutuhkan untuk mereproduksi eksperimen mereka dalam skala yang lebih luas, luar biasa mahal. rasio limbah dan emas yang dihasilkan juga sanggat berbeda. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar