Laman

Jumat, 19 Juli 2013

Mahameru 3676 mdpl. Melatih Emosi, Fisik dan Mental Part 3 (the Last)

Batas vegetasi savana Oro-oro ombo dengan pohon cemara disebut Cemoro Kandang, sekitar 30 menit juga lah dari Oro-oro ombo, Disini terlihat jelas pohon2 menghitam bekas kebakaran hutan kemaren. Gw jadi inget pengalaman kakak kelas gw yang kebetulan pas naek lagi kebakaran inilah. Puanas beud kata mereka dan gak nyampe puncak. Dari sini perjalanan semakin terjal, debu pasir mulai beterbangan, jadi masker jangan lupa bawa. Ke pos Jambangan sekitar 1 jam 30 menit, di pos Jambangan 2600 mdpl ini gagahnya Mahameru semakin tampak, wedus gembel diatas tandusnya kawah Mahameru cucok jadi background foto2 nih, cekreeekkkk lagi.

di Jambangan, background mahameru tuh

ini lho yang namanya anas, kelas 6 SD klo gak salah, apa kelas 5 ya, lupa, naek bareng ayahnya.

Dari Jambangan ke Kalimati sekitar 45menit, disini nih, sumber air terakhir kita. Adalah Wira yang ditugaskan mencari sumber air di sumber Mani. Kami serahkan masa depan air kami pada mu Wir, berangkatlah, bapak merestui kamu nak!, Bah!,,
Ke Arcopodo 2900 mdpl jalanan makin menggila, terjal, debu, hembusan angin makin menghambat perjalanan kami. Ifeh udah makin lemah langkahnya, tapi nyampe juga kita di Arcopodo setelah menempuh waktu 2jam. Disini, malam ini kita akan menginap, beristirahat untuk perjuangan sesungguhnya besok, menggapai puncak mahameruuuu,,,, woy, dibilangin suruh matikan AC, dingin gila juga nih Arcopodo.

di Kalimati, dari sini dekat ke sumber mani, sumber air terakhir.

Arcopodo, kalo mau ngejar sunrise, enak ngecamp disini.

Idealis memang, jam 11 malem kita sudah bangun, berharap dengan waktu yang cukup lama bisa bersantai menggapai puncak. Jadi menurut perkiraan, jam 5 pagi kita sudah bisa nyampe puncak gitu. Susunan pemain sudah di atur, Kojek tetap paling depan, dibelakang ada Ifah, ka Maul, Miro, Teguh, Yasin, Latif, bang Yudi, Wira, dan gw. Day pack bawa dua, dibawa Wira sama Teguh awalnya. Sip, berdoa sudah, mari kita langkahkan kaki kawan. Gampang, Cuma 1,2 km kok.

Sekitar 45menit, nyampelah di batas vegetasi hutan-pasir yang disebut Kelik. Saat itu mungkin karena gelap, maka tak terlalu keliatan jelas pasirnya. Tapi setelah dijajal, maakkk!, nyesel awak pake sandal. Berulangkali pasir masuk ke bawah dampal kaki, membuat perih melangkah. Naek 3 langkah turunnya 2 langkah. Belum lagi dingin musim kemarau dan hembusan anginnya, mencengkram membuat kepala gw pusing. Tak tengok yang lain, sama, mereka merasakan dingin yang juga menusuk tulang. Setelah jam 2, puncak masih belum Nampak, urutan sudah kacau balau, Kojek sama Miro paling depan, terus mencari trek paling bagus, si Latif pasti kakinya sudah kram, gak bisa jauh dari balsam, si Teguh pundak dan tangannya sudah sakit, maka gw lah yang bawa daypack berisi makanan, si ka Maul makin kedinginan, gw tawarkan kupluk gw, dan minta tolong Yasin ada di depan dia, biar sedikit bisa bantu2,  belakangnya ka Yud, juga pasti kedinginan, hidungnya meler terus. Si Ifeh sudah jadi rombongan paling belakang, dengan gw sama Wira ngebantu dia jalan pake webbing.

Berulang kali gw sugestikan diri gw bahwa dingin adalah sugesti, tapi pusing nya itu ya Rabb, kalo dingin nya rada-rada ekstrim gini, pasti kepala gw langsung berkontraksi. Tapi gw gak mungkin juga kalah disini. Ada dua alasan. Pertama karena kita sudah datang jauh2 dari Bogor, masa iya gak nyampe puncak. Kedua, kalopun kita berhenti disini, dingin terlalu ekstrim, diam malah lebih berbahaya. Maka diputuskan kita harus terus bergerak. Perjuangan mental dan fisik benar-benar diuji disini.

Jam 3 rupanya masih belum Nampak juga puncaknya, lutut gw semakin panas terasa. Mau gantian bawa daypack atau gantian bantu ifeh, pada nolak semua kawan2. Mau maksa pun gak tega. Dan parahnya mereka terus melangkah meninggalkan kami berempat di belakang, gw, Ifeh, Wira, dan si Latif yang paling belakang kaki nya sudah kram. Awalnya pikiran negatif terus berkeliaran di otak gw. Berpikir mereka egois gak mau bantu kawannya. Tapi itulah alam, ia menguji emosi, fisik juga mental. Maka gw putar otak kembali, berpikir positif. Pasti, pasti ada alasan kenapa mereka gak nungguin kami. Ya, mungkin kalo mereka banyak diam nungguin kami yang lambat jalannya, itu lebih berbahaya. Bisa kena hipotermia. Jadi bergerak ada solusi yang harus langsung dilakukan. Alasan kenapa mereka gak bisa gantian bantuin ifeh naik, ya mungkin memang mereka sudah di batas ketahanan fisik masing2, jadi gak bisa lu maksain mereka. Okeh sip, pasti ada alasan, berpikir positif, dan terus melangkah. Semangat semangat!, gw terus memotivasi.

Yap, dan sunrise pun muncul, menerpa wajah kami dengan kehangatan semburat keemasanya, tak apalah, meski masih di punggung puncak, tak mengurangi kami berucap puji syukur padaNya. Sip, kehangatannya, itu yang lebih kami butuhkan sekarang. Kawan-kawan yang lain sudah nyampe puncak semua, kasian juga mereka pasti kelaperan, wong makanan ada di daypack gw dan wira. Terus melangkah mam terus,

sunrise dari punggung puncak

Kesan pertama saat gw nyampe puncak 3676 mdpl, tentunya ya berlafal syukur tak tertahankan juga nyari alas buat solat subuh, akhirnya mimpinya terselesaikan sekarang, lalu?, gw pengen turun secepat yang gw bisa, kenceng gila hembusan anginnya. Meski matahari sudah terbit, dinginnya malah makin membuat kepala gw makin pusing. Maka setelah ngasi makan ke kawan2, mengabadikan momen, tanpa aba-aba gw langsung turun secepat yang gw bisa. Okeh sip, makanan udah tak kasih, ifah sudah ada kawan2 yang lain yang merhatiin, setidaknya turun gak sesulit pas naik, jadi aman lah. Maka gw pun turun gunung dengan berlari, hanya perlu konsentrasi penuh, pijakan yang tepat, dan tumit untuk bertumpu. Maka trek pasir akan mudah sekali dilewati. Jadi orang pertama yang nyampe di arcopodo. Lalu tidur sambil nunggu kawan2 yang lain. Hupff,,

di puncak 3676 mdpl bersama bendera kebanggaan, FAPERTA IPB

bersama kawan 2 orang tegal, entah gw lupa namanya,

sunrise dari puncak, ini pake hape teguh

Jam 1an kita mulai turun dari Arcopodo, after makan, bongkar tenda, solat dan searching2 makanan ala wira, turunlah kami dengan senandung cerita sana sini. Sampe di Kalimati jam 2 lebih lah, makan lagi dengan menu spesial ikan teri dan orek tempe yang berhasil di temukan Wira entah dimana. Memang bocah satu ini daya survival nya tinggi, jadi ngelepas dia dihutan sebulan tanpa di kasih bekal, masih idup sepertinya. Makasih banyak Wira, makan kita jadi lebih berwarna sekarang, ya meski efeknya perut minta cepat2 ‘gali lubang’, hahaha,

makan rame-rame, with lauk yang ditemuin wira tea

Maka semalam lagi kami harus menginap di Ranu kumbolo, tak apolah, lebih sepi sekarang, rombongan kru 5 cm sudah pada pulang kemaren. Pagi kedua di ranukumbolo begitu menyenangkan, membayangkan kalo nanti punya rumah yang di belakangnya ada danau macam gini, sunrisenya keren bro, tapi sayang banget camdig pinjaman gw habis batrenya. Janji gw dalam hati, setidak nya gw harus sudah bawa camdig atau DSLR sendiri kalo mau kesini lagi, banyak view keren terlewatkan soalnya,  Apalagi kalo bareng istri nanti. Tambah mantabbhhhh…. Hahaha,, dan mari kita pulang dengan hati berdendang senang, naek truk lagi dari Ranupane ke pasar Tumpang, nyarter angkot ke sekret HMIT UB lagi untuk istrirahat sejenak, menikmati dinginnya malam di kota Malang sambil wisata kuliner, lalu tidur.

sunrise di ranukumbolo, hari ke 3.

saking dinginnya, embun pun jadi es

Besoknya bangun pagi, ucap salam perpisahan dengan kawan baru, Samsul, Toni dan Deki, bilang makasih ke sekret HMIT, (makasi sekret HaeMITe Faperta UB), terus caw ke terminal Arjosari Malang. Dari sini naek bis ke Surabaya, trus ngeBis lagi ke Semarang nyampe tengah malem, lalu ke Jakarta. Dari Jakarta ka Maul berpisah disini, kangen bangeud awak sama kakak yang satu ini. Naek busway ke Cawang, trus naek kereta ekonomi ke Bogor, ngangkot ke kampus nyampe tengah malem lah,

di sekret HMIT UB, muka kebakar semua, bibir di lapisin madu.

depan sekret, yang celana kuning Toni, jaket coklat samsul, jaket merah Deki. makasi kawan HMIT UB.

dempul kulit muka yang kebakar, di Bis menuju semarang.

Huuuahhh,, perjalanan pun berakhir, 6 hari 5 malam. Puncak tertinggi menyisakan kenangan yang mendalam, melatih diri menguasai emosi, mensyukuri ciptaNya, menguatkan hati juga jiwa menambah kawan dan keluarga baru. Terimakasih laskar Mahameru, maaf jika pernah berburuk sangka ke kalian, senang banget pernah seperjalanan, senasib, sepenanggungan dengan kalian di rantau orang, semoga adalah Rinjani kita bisa bereuni.
Wassalamualaikum,,
Mess Putra no 4, 17 juli 2013.