Laman

Rabu, 17 Juli 2013

Mahameru 3676 mdpl. Melatih Emosi, Fisik dan Mental Part 1

Lutut gw udah terasa panas tak tertahankan, dampal kaki makin perih karena terlalu sering menginjak bebatuan dan pasir, dinginnya udara tak kenal ampun terus mendekap, menusuk persendian kami hingga semakin berat saja bernapas.
“istirahat dulu feh”, ucap gw kepada perempuan berpipi tembem, wajahnya pucat meringis dingin. Kaki nya entah sudah selelah apa, meninggalkan dia jelas gak mungkin, diam justru mebuat dingin leluasa menelusuk membuat hipotermia,  maka gw dan wira terus bantu dia melangkah, merangkak, memanjat, meloncat demi menggapai puncak tertinggi pulau jawa ini.

“kucluuuukkkkkkk,,!!! bocah-bocah pada ninggalin kita lagi, udah gw dan wira bawa daypack, bantuin ifeh lagi, tegaaaa!”, keluh gw saat melihat temen2 naik gw udah ngilang ditelan puncak. Memang Cuma kami berempat yang masih tertinggal jauh di belakang, latif dengan kaki kramnya paling belakang, gw dan wira yang bawa daypack sambil bantuin ifah terus naek dari arcopodo sana. Rahang gw dari tadi mengeras, “untung makanan ada di tas kami, bodo amat mereka kelaperan,” batin jahat gw dalam hati,

Lalu dua wajah itu, berhasil membangkitkan malaikat baik dalam batin gw,
“lihat si wira mam, adik kelas lu itu, yang bawaanya paling berat diantara kita, bawa nya padahal dari ranu pane tapi gak pernah ngeluh sama sekali, entah apa yang ada di otak dia, yang jelas, dia terus membantu kawannya yang kelelahan dan terus bergerak gak mau ngerepotin orang lain meski sebenarnya dia juga amat lelah. Trus liat si ifeh, tega lu ninggalin dia demi keegoisan lu?, ya, gw tau lu lelah banget mam, tapi lu adalah kapten rombongan ini mam, dan seorang kapten gak boleh mengekspresikan kelelahannya-ketakutannya-keraguannya. Ia harus bisa jadi karang yang melindungi batu kecil dari hantaman ombak, ubah lah sudut pandang lu, mungkin memang mereka ingin banget ngebantu lu tadi, tapi kelelahan mereka mungkin sudah dititik daya tahan mereka, jadi mereka gak bisa bantuin lu, apapun yang mereka lakukan, tetaplah berpikir positif, jangan ampe dingin dan lelah ini bikin lu jadi egois, bikin lu jadi jahat. Semangat mam semangat!, Ok?” ucap malaikat baik gw ngompor-ngomporin bijak,
Baiklah, bener apa kata malaikat baik tadi, “Ayo wir, feh, LANJUUUUTTTTTT!!!!!”…..
**

Gw tau gunung semeru dari novel 5cm yang gw baca saat SMA dulu, dan semenjak itu, gw bertekad untuk bisa jadi seorang Jafran, eh, salah. Untuk bisa menorehkan jejak gw di puncak abadi para dewa itu. Ya, mimpi itu besok-jika Tuhan menghendaki-akan terealisasi dan dicatat oleh sejarah (lebay).

at kereta ekonomi to Semarang

Sekarang gw sedang berada di kereta api ekonomi yang bertolak dari Pasar Senen menuju Semarang, lha bukannya Semeru itu ada di Malang?, iye nanti juga ke Malang, kita ingin maen dulu lah ke Semarang, trus ke Surabaya, baru dah ke Malang, (baca : keabisan tiket mataremaja). Dalam kereta, tentunya gw gak sendirian, mari kita berkenalaaaannnn,, horeeee!. Okeh yang pertama ada pedagang tahu, ada pedagang buah, ada tukang nyapu, ada tukang meriksa tikettt,,,,ada (stop stop stop,! Gak semua juga di kenalin kali, cukup yang ikut rombongan lu ke semeru aja lah), hahahah, baiklah baiklah.

TEGUH SUDARYANTO,, temen seKKP gw ini akhirnya mau juga gw jatuhin ke lembah hoby gw, secara gitu dia gw ajak H-3 jam keberangkatan, gantiin kawan yang gak jadi berangkat. Dia orang maluku, perawakannya item manis dengan tubuh atletis, sekarang sih perutnya uda buncit, jarang olahraga lagi katanya. Rambutnya selalu klimis serasi dengan belahan rambut sisi kirinya, mirip model rambutnya pa SBY. LATHIF AL-ANSHARY. orang depok jurusan silvikultur Kehutan IPB, oya si Teguh jurusan agronomi Faperta IPB, kalo liat dia sih perawakannya macam mafia Itali yang rambutnya suka disisir kebelakang itu (tonton film na the godfather dah), bedanya mafia itali dandananya pake jas rapih, ini kaya preman tanah abang, jeans belel, kaos oblong, dan topi boogie, santai man lah. AHMAD YASIN, si hafiz Qur’an dari Al inayah, die uda banyak hafal Qur’an nya, jadi kalo dia jadi imam, sudah pasti bacaan nya bakalan rada panjang, perawakan nya rada tinggi, berkaca mata, rambut kriting, dan selalu pake celana bahan, maklum aktivis broh!. ERANTY MIRO FIRDAUS, panggilannya Miro, dia yang termuda diantara kita, rambut diiket kuncir kuda, celana jeans tiga perempat, sepatu gunung, dan behel kinclongnya. Jurusan nya SIL Fateta IPB. Sebenernya gw kenal dia di grupnya BPI, lupa dah gimana caranya bisa kenal, gw tau dia suka naik gunung dari PP nya, iseng aja gw ajak ke Semeru, eh, mau ngikut dia. DRAJAT JATNIKA atau KOJEK, dan WIRA , sory gw lupa nama lengkap lu wir, heheh, dua sejoli ini emang rapet banget, kojek dengan kaos item, celana jeans pendek, rambut gondrong sebahu di kuncir kuda, sebatang rokok terselip di bibirnya. Wira dengan jaket jurusan kebanggaan nya, kaos berkerah, dan sama rambutnya juga gondrong, tapi ditutupi pake topi. Santai, kalem, friendly, banyak relasi, itu yang bisa gw gambarkan dari dua orang jurusan Ilmu tanah Faperta IPB ini. YUDI ASWANDI, nama beken nya pangeran diwan, ntah kenapa dia mau dipanggil gtu, dan entah juga dia kenapa lulusnya lama #eh. Sekarang dia sibuk di CV yang baru dibuatnya, oya, temen qta yang demen lagu India ini, sangat memerhatikan penampilan, rambut lurus belah tengah=inspirasi shahrukh khan dan ariel, idung nya nih agak gede dikit=inpirasi squidwort, mata selalu tajam kalo mandang. IFAH KHOLIFAH. Seangkatan teguh latif, kojek, yasin dll. Sama seperti Miro, dia demen juga naik gunung, pipi tembem, berkacamata, jilbab dan jaket pink serta celana cargo ijo dan sepatu gunung adalah hal yang kami liat pertama saat dia nyapa kami semua. Sepertinya orangnya agak friendly. The last, ASMAUL JANNAH SIREGAR, dari namanya jelas mahasiswa S2 UGM ini adalah orang Sunda, eh mana ada orang sunda ber-siregar. Orang Sumatra lah dia. Berjilbab biru saat itu, dari raut wajah sepertinya dia rada punya aura keibuan, eh bukan, ke-kakak-an, so, kayanya umurnya juga sepantaran bang Yudi lah, ato mungkin lebih tua, tingginya sepantaran miro, agak kurus, dan pendiam, awalnya,, kesananya..EUUHHHHHHHRGGGG!! mau tau lebih jauh tentang kami, klik sini.

Singkatnya, nyampelah kami di stasiun Semarang tawang jam 7 pagi-berangkat dari Jakarta jam 9 malem. Karena gak ada kereta ke Malang, diputuskanlah nyarter angkot ke terminal Terboyo Semarang. Lalu naek bis ke Surabaya nyampe sore lah sekitar jam 5an. Ba’da solat, kami langsung caw lagi ke Malang naek bis dan nyampe hampir tengah malam. Asli gan eta my ass meuni panas bin pegel, kelamaan teuing duduk. Yowislah, sing penting udah nyampe Malang, eh Malang/?,, waahhh, gw menjejakan kaki juga akhirnya di Jawa Timur, hehehhe,,  eh, tapi nyampe tengah malam?, nginap dimana kalian?, nah, untungnya, adalah Kojek yang punya kawan sejurusan beda perguruan di Malang ini-tepatnya kampus Universitas Brawijaya. Selamatlah kami, ya setidaknya malam ini ada tempat bernaung lah meski nginep di sekret HMIT UB (Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah). Makasih banget kawan2 di UB ni, uda nyediakan tempat kita beristirahat, ngasi wejangan2 tentang semeru, bantu belikan dan pinjamkan logistic buat kami. Yang gw kenal ada ketua HMIT om samsul, Toni, deki dll yang gak bisa gw sebutkan namanya dikarenakan gw emang gak tau namanya, tapi kita udah berteman kan di pesbuk?

ini kayanya dari semarang menuju Surabaya dah,

depan masjid terminal Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar