Laman

Senin, 06 Mei 2013

Ceritaku di kebun


Ceritaku di kebun
Mungkin banyak yang mengira hidup di perkebunan itu terkekang, tak bisa melihat dunia, gak gaul, ketinggalan berita, item, atau apapun yang berbau-bau ketinggalan zaman lah. Okeh, kalo item ya, saya akui rata-rata orang-orang yang tinggal di perkebunan pada item semua, wong kerja nya di terpa terik matahari terus. Tapi untuk yang lainnya saya sedikit keberatan. Betapa tidak, justru saya lebih merasa damai tinggal di perkebunan, dan itu susah sekali saya dapatkan ketika tinggal di kota. Berita?, saya masih bisa nonton berita di tv, atau baca headline di republika.co.id ato detik.com pake hape. Jadi sebenarnya fasilitas hidup itu bukan segalanya memang, tapi perlu juga untuk peningkatan kualitas diri jika bisa memanfaatkan nya dengan baik. jadi?
mess saat subuh


                                                                senja di pohon inspirasi





ngerujak bareng temen-temen LITBANG
Baik, mari kita bercerita mengenai saya yang saat tulisan ini dibuat, baru 28 hari tinggal di kebun karet ini, yang jauhnya, et dah, 3 jam dari kecamatan, dan 8 jam dari kota Jambi. Namanya kabupaten Tebo. Kucluknya pertama kali saya berangkat ke Jambi, pertama kali juga saya ketinggalan pesawat, telatnya Cuma 20 menit om, satu juta ilang uang saya, mana eta uang pinjaman semua lagi, hadeehhh, tamparan keras sekali untuk saya yang memang agak doyan telat pas kuliah, eh kebawa juga pas pertama kali kerja ni. Jadi baiklah, yang udah terjadi mari biarkan tetap terjadi (ye emang gak bisa diapa-apain lagi sob), intinya Cuma orang keren yang terus bangkit gak memedulikan masalah macam apapun menghalangi nya meraih mimpi.
Singkatnya sampai juga di perusahaan perkebunan karet ini, yang jauhnya minta ampun tea gan (biasa lah om, pertama kali memang selalu terasa jauh, ingat pengalaman ke rumpin?), fasilitas dapet apa aja om disana?, sinyal gimana sinyal?, tinggal dihutan, adem dong ya?, jadi dapet motor kan?, tempat tidur enak?,
hahahaha, ya ya ya, saya Cuma bisa ketawa saja, mari kita bahas satu-satu ya, bukan nya saya mau ngeluh, tapi memang seperti inilah adanya perusahaan ini. pas nyampe ke mess, kamar udah penuh semua, terpaksa saya numpang di kamar yang kebetulan ada karyawan lagi off (off=ngmabil jatah libur perbulan atau perduabulan, saratnya sabtu minggu tetap masuk kerja). Sinyal, ya ampun, asli bapuk tea eta sinyal, indosat mah udah jangan ngarep ada, telkomsel doang yang ada,itupun mangap-mangap. Adem?, wkwkwkw, kalo dibawah pohon si memang adem, lha ini pohonya udah di tebang semua (udah di land clearing bahasa kerennya), karetnya pun masi kecil2, so pasti panas nya menggila disini, bisa ampe 39 derajat om, dapet motor?, nah ini dia yang rada-rada bikin kesel, departemen saya ni, agak-agak susah kalau order barang atau alat transportasi, entah karena managernya yang agak kurang giat, atau entahlah, nanti saya ceritakan dah tentang manegernya yak,,jadi om, fasilitas di perkebunan ya memang rada-rada susah kalo ngarep yang super lengkap. Apalagi perusahaan yang baru berdiri kya gono, So, saya Cuma bisa mengeluh kadang-kadang. (katanya gak boleh ngeluh?)

Hari pertama kerja, biasalah pengenalan di departemen sendiri, berkenalan dengan orang baru yang ternyata pada lebih kolot dari pada saya. Yang paling muda aja umurnya 26, lha saya?, 23 pun belon nyampe saat itu. Teknik saya untuk terlihat lebih tua adalah dengan tidak mencukur kumis dan jenggot saya,, (horeee berhasil lho itu membuat saya terlihat lebih tua, dewasa, bijaksana, arif, tempat curhat, tempat kongkow dll). Eh, hari pertama kerja pula saya bisa melihat beruang yang awalnya tak kira itu panda, ada putih2 nya gtu si, untungnya kita lagi di mobil, so kagak di kejar lah kita.Memang disini monyet, gajah, babi, macan, beruang, bencong, badut, tukang mie ayam (nah 3 terakhir okeh saya bohong) masih pada berkeliaran om, jadi waspadalah, waspadalah. Eh, hari itu juga saya berhasil melihat suku anak dalam. Kalo di Kalimantan mah dayaknya lah, atau kalo di banten baduy nya lah. Kaya kita juga mereka ternyata, walau pakaiannya kaya artis2 barat, minim beud. Saya dengan sok nya lambai-lambai tangan. Berasa orang paling ganteng diantara mereka.

Ngomong2 soal suku anak dalam, jadi di sini nih ada dua suku anak dalam yang terkenal dan kagak takut sama polisi, yaitu kubu dan bujang kabut. Kalo bawa senjata, macam pistol, tapi dari kayu, yang dikasi kawat lancip, trus mereka nih kalo kita kasih makanan, udah tuh muka lu pasti diinget terus, jadi kalo ketemu lu lagi, pasti bakal minta lagi. trus sebenarnya ada suku anak dalam yang udah pada sukses, dari bisnis jual tanah tentunya (tanah perusahaan yang mereka klaim). Jadi mereka yang sukses ini pada punya hape, motor, mobil, lebih keren dari kita. Dari yang masih ketinggalan juga banyak. Saya pernah diceritakan, dari kampung pemberian ada namanya pa tamrin. Dia nih suka ngajar baca tulis, ato apapun ke suku anak dalam kubu (awalnya saya mau ikut ngajar, dikarenakan wajah saya manis-ini beberapa perempuan sana lho yang bilang- jadi saya rada-rada takut, takut apa?, ya takut kagak bisa pulang ke jawa lagi, ngerti lah alasanya, ngerti gak?,,  kagak, kasarnya gw takut di pelet boy), oke lah, salut saya sama pa tamrin ini, dan orang kubu juga mau nya di ajar sama pa tamrin doang. Satu lagi, jangan pernah ngeludah, dan tutup idung depan mereka.

Hari kedua saat itu saya akui masih banyak mengeluh, biasa perubahan lingkungan. Dan hari ketiga, ini nih hari yang paling horror yang pernah saya alami. Bagaimana tidak, tau berita Mesuji?, konflik lahan antara perambah dan perusahaan yang sering di tonton di televisi, saat itu, detik itu, sore itu saya rasakan sendiri. Cerita singkatnya security dan brimob disini mau menertibkan gubuk2 perambah di KM 27, rupanya belasan perambah yang mau ditertibkan sudah tahu rencana ini. negosiasi singkat berubah jadi adegan bacok membacok, meninggalah 1 orang dari perambah, dan 1 orang dari kita kena bacok. Saat itu pula, semua security dan brimob ngacir sudah kembali ke mess.

Saat tiba di mess ini lah, mereka malah menambah kacau suasana, katanya para perambah bakalan balas dendam dan balik menyerang mess kami. Ketir lah suasana. Teringat seseorang yang menceritakan di tahun 2011 silam, terjadi juga pembakaran mess oleh perambah, dan saksi hidup yang hampir mati kena bacok di kepala juga di bakar hidup-hidup adalah bos saya, gile bener kalo ampe kejadian lagi peristiwa 2011.
Tim pemantau melaporkan jalan-jalan sudah dilintangi gelondongan kayu, dan mereka bergerak ke arah mess. Tak bisalah kami kabur, semua panik, semua mencari senjata (kayu panjang, besi panjang, pisau dapur, saya Cuma bawa Alqur’an aja), terlihat rombongan ibu-ibu yang dilarikan terlebih dahulu menggunakan mobil kembali lagi ke mess, katanya ada 2 motor nyegat mereka.

Hari sudah mau gelap,mobil-mobil berjajar siap mengangkut manusia-manusia cemas saat itu. Dan saat kekalutan tak terbendung seperti itu, entahlah, saya merasa lebih aman kalau mendekat ke masjid, tapi teriakan brimob yang bilang “NAIK KE MOBIL DEK, MAU DI BAKAR KAMU!” membuat aku urung, aku berpikir, jika pun aku mati hari ini, lebih afdol kalo solat magrib terlebih dahulu, dan akhirnya aku turun dari mobil tanpa memedulikan teriakan Brimob, pergi ke masjid, lalu solat magrib sendiri sambil tergesa-gesa (beginikah solatul khauf?).

Setelah solat, mobil rupanya sudah beranjak pergi, aku langsung loncat mengambil sandal dan lari sekencang-kencang nya menyusul mereka sambil teriak-teriak, berhenti juga mobil paling belakang. Gerimis makin nambah basah pikiran kami, semua kendaraan ngebut melarikan diri, terlihat motor beberapa kali jatuh karena medannya yang berlumpur akibat hujan. Saya terus memanjatkan doa, satu tangan berpegangan di kap mobil, satu tangan rapat memeluk tas laptop saya. Terlihat merah mengepulkan asap di balik bukit, semua kendaraan berhenti, saya mendengar beberapa orang mengatakan bahwa ada 1 mess di bakar, alat berat juga dibakar tadi sore, semua berbalik lagi ke mess, tak bisa lewat jalan yang menuju bukit itu.
Semakin cemas?, ya, kami semua tak bisa tidur malam itu, semua siap siaga kalo-kalo ada penyerangan dari perambah malam ini, akhirnya pak Sigit, selaku general menejer disini memutuskan,
“kalo misalnya hingga jam 3 pagi  polri belum juga datang, kita mengungsi ke TMA”, (TMA, perusahaan tetangga). Saat itu masih jam 2 pagi, semua muka terlihat lelah, ibu-ibu sudah diungsikan terlebih dahulu di TMA, dan singkatnya kami mengungsi juga ke TMA hingga sianghari saat rombongan polri, brimob dan TNI datang ke mess kami.

Rutinitas saat itu mati total, gak ada yang bekerja, yang punya motor sudah sejak dari tadi pagi kabur ke kota melalui jalur tanjung yang memutar jauh. Lha kami yang gak punya, tetap bertahan di mess. Tapi aman sekarang, udah dijaga aparat keamanan.

Ampe sekarang urusan diserahkan pada dusun tuo dan aparat keamanan (denger-denger karena yang kena bacok dari kita ternyata orang dusun tuo, mereka mau nyerang balik para perambah, ini kita jadi macam ngadu domba gak sih?) baiklah, mari lupakan urusan perambah2 itu. Kembali ke tema kita, sebenarnya kerja di kebun itu apa si yang bisa dikerjakan? Apa sih yang bisa di dapatkan?,
Jawabanya ya tergantung kamu maunya apa?, yang dikerjakan jelas rutinitas kerjaan kita yang makin banyak, yang didapatkan jelas gaji bulanan. Trus?, udah gtu aja?,,,,,,,, sayang banget kalo kamu gak bisa memanfaat kan keadaan sebagai media pengembangan diri.

Ya sudah, bukannya saya sombong, saya hanya ingin berbagi saja bagaimana memanfaatkan waktu saat kerja di perkebunan. Ilmu ini saya sadari (karena emang udah saya dapatkan dari jaman kuliah dulu), semenjak kejadian perambah itu. Saat keadaan benar-benar mencekam, baru tersadar makna hidup kita itu apa si sebenarnya?, ALLOH, Tuhan, Itu makna hidup yang saya sadari saat itu (telat ya, ya saya manusia yang penuh khilaf om) . Percuma kamu numpuk2 harta kalo orientasinya bukan Alloh, lha kalo kamu mati besok, harta emang dibawa ke akhirat?, kgak kan, makanya, saya sadar kembali kalo hidup ini mempunyai akhir, dan kalo apa yang kita lakukan didunia akan di pertanggung jawabkan kelak di akhirat nanti. Saya pun putar otak, putar pemahaman, putar pemikiran hingga putar kepala 360 derajat (mati dong?), bahwa hari-hari ini tidak boleh banyak mengeluh, boleh kita mengeluh, tapi ya ngeluhnya sama yang punya kita lah, (read Alloh). Ibadah?, yupp, adem banget dah saat kalian ibadah, yang terdengar cicit burung, derik jangkrik, dan hewan lainnya. Seakan kita terus bisa merasakan kedekatan Tuhan melalui mereka, melalui sujud malam kita, melalui tasbih tahmid takbir tahlil pagi dan sore kita, melalui lafal syukur yang tak henti berucap, melalui lantunan Al-quran yang kitabaca juga ajarkan baik di pengajian, imam sholat dan khutbah jum’at. Semua terasa berbeda dan dan damai rasanya. (terus terang do’a saya yang paling sering adalah, memohon pada Alloh untuk mengistiqomahkan ini semua), dan Alhamdulillah lingkungan tak pernah menghambat saya untuk beribadah. Saya juga selalu teringat pesan MR saya dulu, ingat mam, kamu ngelakuin apapun lihat dulu, Alloh memerintah itu ndak?, Alloh ngelarang itu ndak?. Nah ini yang selalu saya pegang saat beraktifitas.

Setelah hubungan dengan Tuhan baik, maka baikilah juga hubungan dengan manusia. Saya selalu coba tersenyum (serius lho, efek kita tak henti berucap syukur, bahagia selalu hati kita apapun yang terjadi), bersikap lebih hangat pada orang-orang di departmen saya. Trik nya, ya saya sapa mereka sehangat mungkin, dengar cerita mereka, adakan acara makan martabak atau ngerujak bareng (berkorban dikit gak masalah), dan tentunya saling membantu dalam pekerjaan. Diluar departemen saya, ta coba juga selalu tersenyum, meski kadang suka lupa nama orang (yang ini jangan ditiru, penting itu ngapalin nama orang),
Manusia yang paling baik adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain, nah ini dia yang jadi pegangan saya dimanapun saya berada. Bagi yang membaca tulisan ini, minta doanya ya, minggu depan mau coba ngajar2 Anak SD di kampung pemberian (kampung terdekat dari perusahaan ini), yah sekalian ngajar ngaji anak-anak ba’da magrib seminggu sekali. Denger2 SD mereka lagi kekurangan pengajar, trus bangunan SD nya Cuma 3 kelas, jadi dua kelas dijadikan satu ruangan, dipisahin sekat doang. Baiklah.

Masalah target nih om, kita tetap harus punya targetan perhari, perbulan, bahkan pertahun atau per lima tahun. Diluar targetan perusahaan ya, Kalo perhari saya targetkan menghafal alquran satu ayat (one day one ayat nya ustad yusuf mansyur ta praktekan disini, ) perminggu nulis cerpen dan garap novel. Semua dilakukan demi menggapai mimpi om. Lingkungan boleh terkekang, tapi pikiran mu, mimpimu, cita-citamu biarkan bebas sebebas burung yang terbang di langit senja yang sering saya tatap (asli, sunrise, sunset, langit malam full gemintang bulannya indah banget, kadang pelangi juga Nampak, paling keren koloni kunang2nya). So, jangan mau dibatasi keadaan. Kejar terus mimpi mu dimanapun kau berada. Ya, saya kerja di Perusahaan ini hanya 2 tahun. Mempertanggungjawabkan beasiswa ikatan dinas yang saya dapat saat masa kuliah. Dan itu akan saya jadikan sebagai batu untuk pijakan meloncat sejauh yang bisa saya lakukan. Alloh memberikan jalan yang terbaik untuk hambaNya, dan ini jalan saya. So, Mana jalanmu?

Barak LAJ no 12, JAMBI

6 komentar:

  1. aduh eta langit magribnya kagak nahan

    BalasHapus
  2. hahaha, gx bosen liat tiap hari, pasti ada bedanya,

    BalasHapus
  3. foto yang keenam kayak di afrika

    BalasHapus
  4. kalo keliatan gajahnya, udah mirip banget dah

    BalasHapus
  5. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  6. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus