Laman

Senin, 06 Mei 2013

Sebelum ditelan rutinitas kerjaan, ucap salam perpisahan dari Merbabu

“CITRA” teriak gw saat ngeliat cewe berambut sebahu lebih, berhidung lebar, pipi agak kemerahan dan pake jaket khas style anak gunung. Dari mukanya yang sama banget dengan foto di PP pesbuknya, gw langsung mengenalin spesiescewe yang satu ini. Yang dipanggil kemudian menoleh, lalu bengong beberapa saat, pasti karena kagum ada orang ganteng manggil namanya, hahaha, ato lebih tepatnya mungkin memastikan bahwa yang manggil dia bukan Om-om, soalnya suara gw saat itu agak diberat-beratin, biar kesannya macho gtu, hahahaha, eniwey, kita kenalan lah sama sohib baru gw ni tepat di pusat keramaian orang jogja, dimana lagi kalo bukan di Malioboro. Gw bertiga bareng Ravi dan Rakhmani. Kalo gak salah lihat, waktu itu citra datang berdua sama anak kecil pake jaket biru dah,

Baiklah, kami bertiga dibawa belusukan ke negeri antah berantah (lebayyy dehh, padahal Cuma nyebrang doang trus nongkrong di angkringan), ya ya ya,  angkringan kopi darat memang menjadi tempat asik buat kami ber entah berapa untuk ngumpul2 dan berkenalan,,, hoyyyeeee,, punya temen baluuuu,, ada mba Elin orang tasik berambut kuncir kuda, mukanya ni ye mirip2 orang cina gtu, dikit tapi miripnya, trus ada jeng devi, agak item manis kalo menurut gw mah (kacam gula jawa aja item manis?), berjaket biru, keren dah masih kecil, tapi udah kerja sambil kuliah, sama kaya temen atu nya lagi, jeng risha, malahan yang ini uda bisa beli motor sendiri dari hasil kerjanya, hayoo, susah lho nyari wanita2 muda nan mandiri dan asli orang jowo, apalagi yang item manis kaya gula jawa, (hehehe, promosi promosi), trus ada lagi mba yuni sara, cocok beud dah sama nama kawan gw, ravi ahmad,  dia dari Jakarta serombongan sama mba elin dan citra yang juga udah pada gawe semua, Di angkringan yang menyediakan nasi kucing kalo makan 2 bungkus tetep gak kenyang ini, gw juga bisa kenal sama mas andi, thanks banget dah buat mas yang satu ini, bang amin, bang jeff, om irfan, dan bang siapa gtu gw lupa namanya, Kami ber-entah berapa ini adalah warrior2 yang rencanya besok (mohon do’anya ya) akan menaklukan gunung Merbabu, wah ni gunung dari namanya uda rada-rada kasar juga nih, ganti-ganti!, jadi gunung merpembantu gtu, ato gunung merhousekeeper, kan babu mah kata kasar lha ya, (sekepenake aje lu ganti2 nama gunung).

ini nih nasi kucing yang kalo makan dua tetep kagak kenyang, sama sate sapi

ngumpul di angkringan kopi darat, entah berberapa

Akhirnya malam itu, kami ber-entah berapa nginep di rumahnya andi yang keluarganya tea baik bangeud dah mau nampung kami-kami ini, trus paginya dikasi sarapan gtu dah, baik beud pokonya dah, maaf kami ngerepotin ya,

After packing2, jam 9an kami berangkat go to merbabu mountain, touring kita touring, 6 motor 12 orang 24 mata, 48 bilik jantung, 120 jari tangan, (ini apa si?) menjelajah kota jogja dan sekitarnya, lalu ke magelang, muntilan dan mentok ke selo Boyolali, ya walaupun belum2 udah diawali insiden nyasar gak jelas gara-gara salah belok. Dan yuuppp, setelah berkendara hampir 6 jam lho (plus nyasar, bolak balik nyari jalan yang benar, dan saling nungguin karena ada yang ketinggalan) nyampe lah kita di basecamp pendakian merbabu jalur Selo, horeeee,, prok prok prok,,. Lumayan luas lho basecampnya, nerima penitipan motor juga disini, memang rata-rata pendaki merbabu lewat jalur ini pada bawa motor semua, eh sebenarnya untuk mencapai merbabu ni ada  jalur lain, yaitu jalur wates, tapi katanya eh katanya, lu gak bakal nemu sabana edun, (oohh, baru inget nama temen satunya lagi tuh edunnn,, hahahaha, sory om, peace ^^v, ko gw jadi inget cilok ya?), soalnya klo lewat jalur wates, perlu nyampe puncak dulu baru ketemu sabana. Dan PENDAKIIAAAAANNNNNNpun , DIMULAAAAIIIIIII…NET TENET TENEEEEETTTTT,,,,
depan base camp jalur selo
dokumentasi dulu lah sebelum caw naik

Rindangnya pepohonan, juga gemerisik rumput gajah, menjadi panorama awal pendakian kami. Jam 15.30an kaki Citra melangkah mantep paling depan, disusul mba elin, mba yuni, om edun, om andi , jengrisha, bang rohman, om ravi, lalu jeng devi, gw, deni dan bang amin (sebenarnya gw lupa juga urutan pastinya, di belakang mulu si gw nya)

Nyampe pos 1 jam 16.30, namanya pos dok malang, dari pos ini pepohonan mulai jarang, dengan leluasa lu bisa liat lembah di kaki gunung merbabu, sayang banget hujan mulai turun, karena kita naik di jalur air alamat susah pasti treknya, dan bener aje, kami ber empat paling belakang sering ketinggalan rombongan, wadaw,, pokonya perjuangan nya nampol pisan dah, nyampe pos 2 jam 5an, hujan turun makin gede, bang amin saat itu gak bawa jas ujan, gw aja yang pake jas ujan masih kedinginan, bgemane bang amin (salut gw). nyok lanjut perjalanan, nyampe pos 3 jam 7an malem, kondisi uda gak memungkinkan buat ngelanjutin perjalanan, liat aja tuh wajah2 lelah mereka, apalagi bang amin menggigil gila dari tadi, mana ujan belum berhenti2 lagi, baru pertama kali gw dalam kondisi hujan kaya gini, kedinginan pula gara2 jas ujan tembus, breng yang lain diriin tenda, untunglah, dengan kerjasama yang mantep dan kanebo ntah punya siapa itu, tenda dapat berdiri kokoh terpercaya, juga kering, (pelajaran penting saat itu, naek gunung musim ujan wajib bawa kanebo,,,)
gw yakin saat itu semua pada kedinginan, maka saat itu gw keluarin jurus pamungkas gw, yakinkan diri lu, bahwa DINGIN ITU ADALAH SUGESTI, percaya gak percaya lu harus percaya, (masa seehhh?), jadi mau gw jelasin nih,, okeh, itu cara gw ngalahin dingin , mensugesti diri sendiri bahwa dingin bakal gak terasa kalo lu mau, tapi ingat, ini gak selama nya dapat berfungsi, misal, lu mau tidur diluar Cuma pake kaos oblong doang, ato baju lu basah dan gak diganti, tetep we pasti kedinginan,yupp, intinya naik gunung adalah mensugesti diri sendiri untuk selalu kuat menghadapi banyak hal. Gw udah sering buktiin lho.

ni pos dok malang,
Jam menunjukan pukul 9 malem, setelah solat berjamaah, makan malem dan ngeringin dalem tenda pake kanebo lagi, tidurlah kami semua, menyimpan harapan sunrise esok hari kedalam mimpi masing-masing, mengenang 24 jam kebersamaan kami yang terasa begitu cepat, dalam hati pun berucap, terima kasih Tuhan, hari ini Engkau memberikan saya banyak teman baru,

Tarikan nafas semakin berat, langkah mulai melambat, dingin tetap kalah dengan sugesti gw, jam 3 pagi kami ber-entah berapa melangkahkan harapan mengejar sunrise di puncak 3142 mdpl. Kebetulan rombongan om irfan juga saat itu ikut gabung. Jadi lumayan rame juga diperjalanan. Nyampe pos 4 ato sabana 1 sekitar jam setengah 5, rombongan terakhir ya Cuma kami ber empat, gw, ravi, devi, dan bang rokhmani, yang lainnya sudah ngacir paling depan entah sudah nyampe mana,
“udah kalian duluan aja, devi sendirian aja, nanti kalian gak dapet sunrise lho” ucap devi berkali-kali. Memang bocah satu ini baru pertama kali naik gunung setinggi ini, so mentalnya rada-rada kudu ditambal biar kuat. Dengan bijak nya om ravi bilang,
“bagi kami, pantang ninggalin kawan sendirian, nyampe puncak ya harus bareng-bareng, susah senang ya bareng2”,,

sippp, jangan khawatir dev, meskipun kaki kita lemah, akan selalu ada temen lu yang mau nyemangtin lu untuk nyampe puncak bareng2, gw sering nemuin orang kaya devi, sebenarnya kalian tuh kuat, hanya seperti yang gw bilang tadi, perlu sugesti tambahan untuk nambal mental ludan itu datangnya dari temen lu,

“ayo dev, pasti bisa, temen gw aja yang pemula, sering ngeluh kaya devi, tapi buktinya mereka bisa nyampe puncak, yang penting jangan dibiarin sendirian, harus ditemenin”, kayanya gw pernah ngomong kaya gitu gak sih, hehehehe,, ingat gk dev?, lupa

Rombongan citra dkk dari kerlip lampu senter mereka, sepertinya sudah jauh jaraknya dari kami, langit mulai agak terang, tanpa alas apapun, mari kita solat subuh kawan, gw sering nasehatin diri sendiri, kalo lu gak solat, ngpaian lu cape2 naik gunung, lu uda enak2 nya nikmatin kemegahan alam sebagai karunia tuhan, tapi lu?, perintah Nya aja kagak lu lakuin, simbiosis parasitisme klo boleh gw bilang.

Semakin nanjak si devi makin sering ngeluhnya, terpaksa dah ngeluarin jurus tali penarik raga, hahaha, alhasil nyampe juga kami di sabana 2, jam 6 lewat dah, sunrise?, masih bisa kita nikmatin ko dari punggung bukit ini, dan masih terlihat cantik, dan dan dan, Subhanallooohhhhh, lihat lah padang sabana itu, begitu hijau kekuningan saat disirami manja oleh mentari pagi, berharmoni dengan langit biru dan gemintang yang enggan menghilang. Menentramkan mata yang memandang, dan rupanya eh rupanya, masih ada satu bukit lagi yang harus kita daki, mental devi langsung kalah seketika, okelah, awak tau yang harus dilakukan, KAMERA ! ACTION!, yupp, foto-foto memang udah dari jaman nenek moyang dapat mengobati rasa lelah dan cape. Gunung merapi Nampak megah kebiruan menyejajari tinggi kami, jadi inget perkataan seseorang, lihat kawan, gunung itu tingginya tidak lebih dari tinggi lutut kita yo, hahaha, sippp, rombongan paling depan juga Nampak sedang mendaki bukit terakhir menuju puncak,

lumayan sunrise dapet dikit lah
merapi subuh-subuh nih
bersila di atas merapi, bisa?

merapi pun bisa gw loncatin
entah ini komunitas apa, tapi selalu menyenangkan dapat temen baru

“bang imam, devi udah semangat lagi, yok naek lagi”, teriak devi sukses membuat kagum dan menghentikan sesi foto2 narsis gw, tanpa perlu aba-aba kami bertiga mengekor langkah devi menuju puncak merbabu,

Nafas semakin tersengal, koyo salonpas yang sedari tadi menempel di punggung hidung tak lagi menghangatkan nafasnya, kalah, mentalnya sudah kalah, sugesti gw dan ravi sudah tak sanggup lagi menambal tsunami keraguan menggapai puncak. Setengah berteriak, ia berucap,,
“sudah lah bang, kaki devi sudah gak kuat, gak boleh dipaksain, berangkatlah kalian ke puncak, kasian yang lain nunggu lama”

Baiklah, gw sedikit kecewa sebenarnya, seakan semua kerja keras kami menemani devi selama ini meluap sia-sia, padahal gw yakin dia tuh masih bisa melangkah, tapi mau gimana lagi, gw gak bisa maksain kehendak, okelah, akhirnya devi ditinggal di kaki bukit sebelum puncak tringulasi. Bersama pendaki lain yang kebetulan sedang ngecamp disana.

Tenaga gwsedari tadi masih on fire, dengan songong nya gw ajak ke dua temen gw lari nyampe puncak, dan GO! GO! GO!, dua menit pertama nafas habis, setelah itu acara naik terasa berat karena lutut panas duluan,, (pelajaran kedua setelah kanebo, jangan sekali2 lari2 naik gunung kecuali pas turun aja).
sabana sebelum ke puncak,
FINALLY,,,,,,,, puncakkk MERBABUUUUU,,, 15 menit setelah meninggalkan devi, ato jam 7an , gw sampai juga di puncak, tawa hangat temen2 gw yang sedari tadi menunggu menyambut lembut langkah terakhir gw menggapai puncak ini. Ya Allah, terima kasih Engkau begitu baik memberikan hambaMu kesempatan sekali lagi untuk menjejakan kaki disalah satu bukti keagunganMu. Begitu kerdil nya hamba, begitu banyak alfa dan dosa, begitu megah yang Engkau cipta.

Sippp, lengkap sudah kami berfoto bersama (tanpa jeng devi si sebenerna), citra yang begitu semangatnya memakai toga di puncak ini, ravi yang juga semangat dengan tulisan IPB di kertas A4 nya, juga gw yang semangat minjem toga nya citra sambil bawa tulisan IPB yang dibuat ravi, memberikan nuansa baru pencapaian puncak kali ini. Juli nanti naek gunung juga ah sambil bawa toga sendiri ke puncak.
merapi dan bukit sabana merbabu
we are !
rektor ravi ahmad, ngewisuda sayah,,

Nah sekarang baru boleh lari kalo lagi turun gunung, gw sih berpikirnya, turun pelan-pelan dengan turun lari sama aja capeknya, malah kalo lari jadi cepet nyampe bawah, tapi perlu ekstra konsentrasi memang. Sip, gw dan bang rokhmani nyampe duluan di pos 3, TIME to JEMUR2. Klo kering kan gak terlalu berat bawa di cariernya yo,, sambil nunggu yang lain gw dan bang rokhmani mulai siap2 masak, setelah mereka turun semua, makan, packing2, mari kita pulang kawan, gw, bang amin dan bang rokhmani ngambil urutan paling depan, alasan kami jelas, secepat mungkin turun, males kalo keujanan lagi, dari pos 3 jam 10an, nyampe basecamp sekitar jam 1an, cepet banged dah itu kami jalan, teknik nya ya gitu, istirahat 1 menit, jalan lagi secepat mungkin,

ini kalo gak salah pas mau pulang, di pos 3, tempat kita nge camp,

jam 3an temen2 yang lain mulai nyicil turun, hujan sudah deras dari setelah gw nyampe basecamp tadi, denger2 cerita mereka sih, katanya pada nyasar dulu di pos 2, biasa salah belok, kayanya kelompok kita ni demen banget dah sama yang namanya nyasar2, tapi tak apolah, kalo gak nyasar nanti gak ada cerita seru kan ya, hahaha, yukk kita pulang,,, nyampe rumah bang andi magrib lah, okesiippp, selamat jalan untuk rombongan dari Jakarta, mba elin, mba yuni, mba citra, om edun, makasi uda ngajak2 gw ke merbabu ni ya, untuk yang tinggal di jogja, deni, bang amin, jeng devi, jeng risha, makasi banyak pengalaman keren bareng kalian, juga buat dua kawan gw, ravi dan bang rokhmani, jangan kapok ngebeckpek bareng gw ya, dan terpaksa malamini harus nginep lagi dikeluarga bang andi, maaf ya bang, kami ngerpotin kalian lagi, besoknya kami lagsung cekidot pulang ke bogor, naek bis 4rebu ke terminal, naek bis jurusan Cirebon, trus naek bis lagi jurusan sukabumi (turun di cianjur), naik bis lagi jurusan Jakarta(turun di ciawi) lalu berdua naik angkot ampe kosan, ka rokhmani mah turunnya di tegal, nyampe kosan jam 6 pagi, beres2 bentar, dan jam 8an udah nongkrong di stasiun bogor, lanjut gawe ke Jakarta, dan besoknya sudah harus terbang ke jambi menetap disana 2 tahun, gila men perjuangan nya yoo, tak apolah, sing penting kita hidup kudu banyak pengalaman,

Terima kasih Gunung, engkau mengajarkan banyak hal padaku. Sampai jumpa dua-tiga tahun lagi yakkk. Mungkin nanti saya sudah ngajak seseorang yang spesial kali ya. Amiieennnnnn,,,