Laman

Rabu, 14 Agustus 2013

Cikuray 2821 mdpl : Menjadi senior di jalur pamalayan Bayongbong

Berbeda dengan 2 tahun silam, pendakian cikuray kali ini tetap di bulan agustus, hanya kalo dulu masih ramadhan, sekarang tanggal 10 agustus sudah masuk bulan syawal. Treknya juga tetep sama. Lewat jalur pamalayan Bayongbong. Para pendaki biasanya rada males lewat trek ini, karena jalurnya yang membingungkan plus nanjak gak ada bonus treknya. Tapi dari rumah gw lebih deket ke jalur ini dari pada jalur satunya lagi di Cilawu, kami ber 7 memutuskan tetap naik lewat jalur ini. Yah, nambah-nambah referensi jalur ke Cikuray lah, bosen kan lewat itu2 terus. Oya, bertujuh itu ada temen gw ravi-yang ikut lebaran di rumah, adik gw alwi (3 sma), bagja (3 sma), uwem (2 smp), fahmi (2 smp), lukman (2 smp) dan gw paling senior.
pos pertama, doa sebelum berangkat
Kalo kalian mau coba jalur pamalayan ini, dari terminal Guntur bisa naik angkot putih kuning (08) jurusan Simpang turun di pertigaan Pamalayan bayar 5ribu, syukur2 kalian bisa nyarter tuh angkot buat nganterin ke Pamalayan langsung. Tapi kasih tau tukang angkotnya, nganterinnya cukup sampe masjid pamalayan aja. Soalna dari masjid ke atas, eta jalannya meni curam beud. Pengalaman gw di 2011, angkotnya kagak kuat naik. Panic kami semua saat angkot mundur-padahal kebawah turunan terus. Untung si supir bisa ngendaliin dengan ngebantingin body belakangnya ke pembatas jalan. Selamat dah kami, Alhamdulillah, meski harus ngerogoh kocek lebih dalem buat benerin tuh body angkot. Kalo gak bisa nyarter angkot, bisa naek ojek lah, 15 ribuan mah ada.

Dari basecamp (klo boleh nyebut masjid yang ada penampungan airnya sebagai basecamp awal kami) jalan sikit ke arah perkebunan sayuran warga. Kalian bisa ngisi perbekalan air dari sini- diatas gak ada air bro. Oya, kalo udah nyampe perkebunan warga, hati-hati disini rada banyak belokan. Jadi kalo mau lewat trek sini, usahakan sama temen yang udah pernah kesini-kaya gw gitu,hahaha. Beneran salah2 bisa nyasar lho, kalo mau tau beloknya kemana tak kasih fotonya dah. Tapi jangan takut juga sih, kalian akan banyak nemu petani yang entah lagi bawa sayur, bawa rumput buat pakan, bisa nanya ke mereka treknya-kalo berangkat rada pagi tapi.

Perkebunan warga trek pamalayan

klo nemu pertigaan ini, pilih lurus

kalo nemu pertigaan ini, pilih belok kanan

Petani yang bawa jagung,, nyasar tanya dia aja

Nyampe batas vegetasi hutan sekitar 1 jam, pepohonan mulai rindang dan nyampe di pos 1 sekitar 1 jam 30 menit. Trek makin menggila, dengan akar-akar pohon menjalar disana sini. Nyampe pos 2 sekitar 1 jam. Dari sini semak juga masih lebat, kadang kalo kalian gak pake baju lengan panjang, bisa buat tanda garis-garis merah dilengan tuh, malah saking lebatnya bisa menutupi jalan-jadi kaya ngelewatin gua. Nyampe pos 3 sekitar 70 menit lah, trek masih nanjak terus-emang dari basecamp udah nanjak gila gak ada bonus treknya. Gw yang paling senior rupanya tidak menjamin paling kuat diantara kawan2 muda gw, padahal tuh bocah2 pada bawa kompan berisi air (read dirigen wadah air bekas minyak sayur) yang berukur 5 literan. Udah mah gak ada persiapan fisik buat naek, kerjaan di rumah naek motor, makan tidur, mancing, jadi mulai dari pos 3 kesono tenaga gw mulai kedodoran. Tetep masih semangat tapi gw mah, malu sama yang muda,, hahaha

Pos 1

Pos 2

Pos 3

Nyampe pos 4 sekitar 50 menit, dan mulai banyak pohon tinggi-tinggi. Dan kerennya lautan awan meski terhalang pohon sudah bisa terlihat dari sini. Nyampe pos 5 sekitar 40 menit, dari sini pepohonan gak serapat dari pos sebelumnya, dan tinggal 40 menit lagi nyampe puncak. Teneeennnggggggg. Pas nyampe puncak 2821 mdpl, memang gw yang paling terakhir, udah tua, hahaha. Eh rupanya banyak pulak pendaki lain yang udah pada ngecamp, macam pasar aja nih puncak. Dan yang paling gw tercenung, lautan awan nya itu brooooohhhhhh, kerennn, gak perlu nunggu sunrise lu bisa liat view keren kaya gini plus lu bisa liat bayangan gunung jam 5 sore,  Alhamdulillah,, Mari kita dirikan tenda, solat, dan siap2 masak.

Pos 4

Pos 5

Pohon tinggi2 dari pos 5

Bayangan gunung, pdahal sore lho

Bangunan permanen di puncak
 Selain salut dengan ketangguhan kawan2 muda gw, ada satu hal yang gw benci dari mereka. Bukan mereka nya ding, tapi kelakuannya. Kecil-kecil udah pada ngerokok. Gak sepenuhnya nyalahin mereka juga sih, pasti akibat lingkungan yang mempengaruhi kelakukan mereka. Ya sebagai senior gw nasehatin juga lah. Terutama adik gw. Gak segan gw sundutin rokok ke tangannya kalo gak berhenti mah.

Dan malam di Cikuray puncaknya lebih dingin dari pada kaki gunungnya, iyalah. Dan kenapa gw juga bisa lupa, gw sebenarnya tau kalo malam 10-13 agustus itu puncaknya hujan meteor di langit. Yah, namanya juga lupa, jadi gak terlalu merhatiin. Tapi alhhamdulillah bisa liat pemandangan malam kota Garut dari atas. Itu juga udah cukup membuat tidur gw nyaman-bagaimana gak nyaman, jaket 3, celana 2, kaoskaki, SB dipake semua.

Pas udah makan
 SUNRISE!!! Lihat orang2 udah pada teriak bergumul di satu sudut puncak sambil menatap semburat jingga di ufuk timur. Subahanalloh, gumam gw selepas solat subuh sembari mendekat kearah orang-orang. Biar puas liatin sunrise dan lautan awannya, ada satu bangunan permanen yang bisa lu naiki atapnya. Mau foto-foto dengan gaya apapun bebas lu lakuin karena sedikit orang yang mau naek ke atap bangunan ini. Dulunya ada juga pemancar stasisun tipi yang dilindungi kawat selain bangunan permanen ini. tapi sekarang udah ilang di curi massa-bukan waktu. Memang kalo udah urusan perut susah ya. Yang penting mari nikmatin momen yang diberikan Tuhan saat ini dengan berlafal syukur dan foto-foto. Parahnya adik gw si alwi, saking bersemangatnya pengen di foto, memang sudah takdir, tak sengaja sandal yang ia pake ke lempar ke jurang saat pose jumpalitan. Dan itu sandal yang jatuh ke lempar ke jurang, yang mereknya eiger, yang udah di pake ke banyak gunung di pulau jawa, adalah sandal gw. Aaakkkkk,,, di cari gak ketemu, yowislahh, terimo saja lah.

Sunrise Awal

kereenn

Lukman dan Fahmi
sudut puncak pun penuh orang

diatas bangunan permanen

gunung Ciremai menyembul dilautan awan

Lautan awan

Bayangan gunung pagi, pagi

Alwi lagi bertapa layang

gw nyoba ngejar bidadari

ravi ikut-ikutan terbang

kawan muda gw, lukman, alwi, bagja, fahmi, uwem

ngebeud banget eta bawa stelan rapih

save egypt save palestine

gw itu gw!!!

we are!!!
Kitapun turun dengan jalur yang baru, yeeaahhh, lewat Cilawu sekarang turunya. Niatnya sih pengen tau aja, kan belon pernah lewat sini mah. Turun kita Cuma bertiga, gw, Ravi dan adik gw Alwi. Yang lain mau nanti sore aja katanya pulangnya, biar gak panas. Kata orang trek Cilawu lebih landai dari trek Pamalayan. Eh pas di jajal mah sama aja gilanya. Tapi memang lebih banyak posnya disini, jadi banyak tempat ngecamp. Kalo naik sekitar 7-8 jam, sama kaya lewat pamalayan Bayongbong juga. Kalo turun jelas lebih cepat, cukup waktu 3 jam untuk sampai ke pos pemancar.

Eh, pas turun tadi ketemu sama kawan dulu ngebeckpeck di Krakatau. Yang gw inget cuma dua, namanya Burhan sama Jul. Memang yang namanya takdir itu rahasia tuhan yak, gak nyangka bisa ketemu mereka lagi, so, digunung mana lagi nanti kita bertemu?

Menurut gw satu hal yang keren dari trek Cilawu ini adalah lu bakal nemu perbukitan yang ditanami kebun teh punya PTPN VII Dayeuh Manggung, jadi rada2 sejuk tea eta udaranya. Nyampe di base camp, eh dikuray rupanya punya base camp-baru tau gw berupa warung milik kang dede. Di warung ini harus ngisi data pendaki, juga mungkin ada uang retribusi 2 rebu. Oya, disini juga banyak ojek, jadi kalo mau ke jalan besar, bisa naek ojek-bayar 30 rebu, atau naek mobil. Nih no kang dede, kalo misal mau ada penjemputan mobil dari bawah, 0821 2083 5884,

Di basecamp juga ada pemancar stasiun tipi, dan biasanya dihari libur kaya hari ini sering dikunjungi warga untuk bermain dengan keluarga juga sekalian berolahraga menikmati sejuknya kebun teh.  Dan karena kaki kita masih kuat, kita jalan kaki dari pemancar ke jalan besar, hahaha,, dan rupanya itu pilihan salah. Tak kira dekat, rupanya nyampe 2 jam kita jalan kaki-itu padahal udah beberapa kali nerobos kebun teh biar lebih cepat nyampe, gempor dah kaki gw. Tapi tak apalah, kita jadi lebih mengenal PTPN VII dayeuh manggung ini ya da?,, hahaha, pembenaran,,

Perkebunan teh PTPN VII Dayeuh Manggung

Pos pemancar stasiun tipi

basecamp

struktur organisasi relawan cikuray

Turun dari puncak cuma 3 jam, dari pemancar ke jalan besar 2 jam, nyampe rumah jam 5an, jam 8 udah nongkrong di bis mau ke Bogor,, cape sih, tapi orang sibuk kan harus mengesampingkan capek, beuuhhh,,,

narsis saat nerobos kebun teh